Berikut jenis-jenis bahan yang sering digunakan produsen jaket dan juga Jaket Jepang. Ada berbagai macam jenis bahan jaket yang tersedia di pasar, jika ingin membuat jaket gunakanlah bahan yang paling sesuai dengan kebutuhan. Misal menggunakan bahan fleece untuk daerah bercuaca dingin, karena bahan fleece bersifat menghangatkan tubuh, menggunakan bahan katun drill untuk daerah yang cukup panas, karena bahan katun drill menyerap keringat dan untuk melindungi tubuh terpapar matahari secara langsung, serta menghindari bau jalanan atau bau matahari.

Drill Katun

Bahan drill katun biasa digunakan sebagai bahan jaket yang menyerap keringat, sifatnya halus dan nyaman karena serat katunnya tinggi. Cocok untuk  jaket pengendara sepeda motor yang tidak ingin kepanasan dan sekedar menghindari kulit menjadi hitam. Bisa juga dijadikan jaket untuk komunitas, kelompok atau paguyuban.
Ada bermacam jenis drill yang beredar di pasaran, diantaranya American drill, Japan drill, Taipan drill dan drill jenis lain dengan nama yang berbeda-beda.

Contoh jaket berbahan drill:


Kanvas

Bahan kanvas adalah bahan jaket yang digunakan untuk membuat jaket-jaket kasual dan setengah resmi. Banyak jaket-jaket distro menggunakan bahan ini. Kanvas pun bermacam-macam jenisnya, dari serat dan ketebalan yang berbeda-beda. Bahan kanvas lapisan atasnya sedikit berbulu dan benang atau material ringan mudah menempel pada bahan kanvas. Contoh jaket berbahan kanvas:


Terry

Bahan katun yang sangat nyaman untuk jaket atau sweater, tebal namun tidak panas karena tidak berbulu. Cocok bagi mereka yang berada di iklim tropis. Bahan ini mirip dengan Fleece, hanya serat (alurnya) lebih kecil dan lebih halus tidak berbulu. Penggunaannya hampir sama dengan bahan Fleece. Untuk serat yang lebih kecil lagi dinamakan Baby Terry.

Contoh terry:

Contoh jaket berbahan terry:


Fleece

Sama seperti terry, namun berbulu pada bagian dalamnya, sehingga menjadi lebih tebal dan lebih hangat. Cocok bagi mereka yang berada di wilayah cukup dingin.

Contoh fleece:


Contoh jaket berbahan fleece:
 


Diadora, Adidas, Lotto

Namanya terlihat memang seperti merek, karena ketiga jenis kain ini adalah bahan yang sering digunakan untuk bahan jaket sporty – jaket olahraga. Oleh pedagang dan produsen kain di Indonesia nama yang sudah menjadi merek itu dipakai untuk dijadikan nama bahan kain tersebut. Lotto dan Diadora adalah bahan jaket yang agak mengkilat, Diadora agak lebih tebal, sedangkan Adidas lebih tidak mengkilat.

Contoh Diadora:
bahan kain diadora

Contoh Lotto:

Contoh Adidas:

kain adidas

kain adidas

Contoh Jaket Berbahan Lotto

Contoh Jaket Berbahan Adidas
10441032_744766575586566_6995265528355216053_n

Contoh Jaket Berbahan Diadora
diadora


Hight Twist

Bahan yang terlihat mengkilap dan rapih, biasa di gunakan untuk bahan jaket, semi jas, jas, blazer dan juga celana. Namun bahan ini sedikit panas karena mengandung bahan sintetis. Di pasar Indonesia bahan high twist hadir dengan berbagai nama, merek, dan kualitas. Nama, merek atau sebutan itu antara lain Jet Black, Tiger, Sebastian, Caravelle, Intercooler, Maxi Style, Staff, Serasi, dan lainnya.

 

Contoh bahan high twist:

Contoh jaket berbahan high twist:


Ripstop

Kain yang terbuat dari benang nilon, tahan terhadap robekan. Kain ripstop tipis dan ringan memiliki struktur kotak-kotak. Relatif tahan air, karena air tidak dapat dengan mudah menyebar.

Kain ini banyak digunakan untuk pembuatan seragam tentara, karena sifatnya yang tidak mudah robek dan tahan air.

Contoh jaket berbahan ripstop :

Jaket Bahan Ripstop

Jaket Bahan Ripstop


Taslan

Bahan ini tergolong bahan parasit, karena bahan ini ada yang anti air . Namun, bahan taslan juga banyak macamnya seperti taslan salur, taslan korea, taslan lokal, atau taslan yang lain.

Mikro

Bahan kain bertipe lemas, tipis, sedikit anti air, karena permukaannya tidak menyerap air. Cocok dan dapat digunakan untuk jaket atau kemeja.

Kulit Sintetis

Kulit Sintetis adalah bahan alternatif pengganti kulit asli. Karena bahan kulit asli cukup mahal, maka bahan kulit sintetis atau vynil dapat digunakan.
Tidak menyerap keringat, karena tidak ada kandungan katunnya. Sangat tidak dianjurkan digunakan pada siang hari, tetapi sangat pas untuk pengendara motor di malam hari.
Macam kulit sintetis banyak sekali dengan berbagai macam merek dan type, tingkat ketebalan dan ketipisan dan juga harga.
Tessa
Bahan yang digunakan untuk jaket semi jas dengan harga serta kualitas berada di bawah bahan jas.

Corduroy
kain ini bergaris-garis, dan selain sebagai bahan jaket, corduroy juga bisa digunakan sebagai bahan celana. Bahan ini sudah jarang digunakan karena terkesan kuno.

Parasit
Bahan parasit itu adalah bahan yang kedap air, namun tipis. Kurang pas digunakan biker di malam hari.

Teteron
Sifat bahan kasar, ciri khas dari bahan ini adalah adanya serabut yang mirip garis. Tidak menyerap keringat dan panas.

Jeans
bahan yang biasa digunakan untuk celana dan jaket, tebal dan kuat.